Pages

Jumat, 23 Maret 2012

BAB 2 Perangkat Jaringan Dan Koneksi Internet




- LAN (Local Area Network) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Jarak yang dapat dijangkau + 10 km.


- MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yang dihubung-hubungkan bersama-sama dalam batas-batas tertentu, Jarak maksimum yang dapat dijangkau oleh MAN adalah 80 km.

- WAN (Wide Area Network) adalah Jaringan yang mempunyai jangkauan area yang sangat luas, misalnya antarpulau, negara,benua,bahkan luar angkasa.



- Hubungan Dial Up adalah hubungan paling sederhana sebuah komputer untuk ke jaringan Internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon. jenis hubungan ini sering juga disebut Dial Up Connection.




- Modem (Modulator Demodulator) modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi mengubah data analog menjadi data digital pada saat mengambil data,atau, mengubah data digital menjadi data analog pada saat komputer mengirimkan data.


Modem Eksternal



Modem Internal 


- Hubungan Wireless (Tanpa Kabel) adalah jalur telepon yang diubah menjadi jalur internet dengan media gelombang radio yang berfrekuensi 2,4 Ghz dan 5,6 Ghz dalam setiap detiknya.

 - Topologi bus memiliki  karateristik yaitu, node-node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator,sangat sederhana dalam instalasi, sanagat ekonomis dalam biaya,dan tidak diperlukann HUB,yang banyak. masalah yang sering terjadi adalah jika salah satu node rusak, maka jaringan keseluruhan dapat di down  sehingga seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.




 - Topologi bintang (star), karakteristik topologi bintang adalah sebagai berikut, setiap node berkomunikasi langsung dengan konserator (HUB),bila setiap paket data yang masuk ke HUB,kemudian di broadcast ke seluruh node yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun, dan tipe kabel yang biasanya digunakan adalah jenis UTP.





- Topologi Cincin (ring) memiliki karakteristik adalah, node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran.,sangat sederhana dalam layout seperti jenis topologi bus,paket-paket data dapat mengalir dalam satu arah (kekiri atau ke kanan), tipe kabel yang digunakan biasanya adalah kabel atau patch cable (IBM tipe 6).




 - Topologi Mesh memiliki karakteristik yaitu, topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada, susunanya pada setiap peralatan yang adadi dalam jaringan saling terhubung satu sama lain, Jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali dikendalikan dibandingkan hanya sedikit saja peralatan yang terhubung.





- Topologi pohon (tree) merupakan bentuk yang lebih luas dari topologi bintang, seperti halnya topologi bintang, perangkat yang ada pada topologi pohon juga terhubung kepada sebuah pusat pengendali (central HUB) yang berfungsi mengatur lalu lintas di dalam jaringan meskipun demikian, tidak semua perangkat pada topologi pohon terhubung secara langsung ke central HUB, tetapi sebagian lainya terhubung melalui secondary HUB.


 







0 komentar:

Posting Komentar