Pages

Jumat, 23 Maret 2012

BAB 1 Dasar Dasar Internet

- Internet diciptakan pada tahun 1970-an yang merupakan singkatan dari Interconnection Network secara harfiah berarti hubungan antar jaringan komputer.

- Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang mengunakan perangkat lunak internet dan protokol TCP/IP atau HTTP, dan memiliki semua fasilitas Internet.

- Web adalah adalah jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi melalui internet. Web merupakan salah satu bahasa http yang paling terkenal.

- Modem (Modulator Demodulator) adalah alat yang digunakan oleh sebuah komputer untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan internet. Modem dapat mengubah data serial menjadi data sinyal audio yang dimiliki komputer,atau sebaliknya.

- Client adalah pengguna atau pengakses Internet.

- HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) merupakan salah satu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi anatarserver komputer dalam Intenet, Ataupun bagian dari URL yang mengidentifikasi lokasi web.

- ARPANET (Advanced Projects Agency Network) adalah sebuah jaringan militer yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika.

- Homepage adalah halaman muka awal sebuah Website, berisi link-link kehalaman lain dalam website yang sama ataupun website lainya.

- WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal dalam di seluruh dunia, di dalam WWW terdapat semua informasi,dokumen,atau indeks, dan lain-lain.

- Download adalah pengambilan data atau informasi di sebuah website dari internet  untuk disimpan di komputer pengguna.

- Hypertext adalah serangkaian kata pada HTML yang menghubungkan dengan HTML lain.

- ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau lembaga penyedia jasa layanan Internet.

- Alamat IP/ IP Address adalah bagian dari suatu komputer untuk dapat mengenali suatu komputer dalam jaringan yaitu sebagai indentitas suatu komputer, terdiri atas empat bagian mulai angka 1 s/d 255, contoh 10.34.209.7

- Browser merupakan perangkat lunak untuk menjelajah internet, contohnya Intenet Eksplorer, Mozzila Firefox, Opera Mini , Google Chrome, dsb

- Hyperlink merupakan fasilitas untuk merefrensikan atau menghubungkan sebuah kata, kalimat, simbol,gambar,dengan alamat-alamat di Internet.

- Keuntungan dari Internet adalah sebagai berikut, meningkatkan produktifitas kerja, menghemat Waktu,komunikasi dengan cepat, dsb

- Bandwidth adalah ukuran besar kecepatan untuk pemindahan atau transfer data, Semakin besar Bandwidth yang dimiliki, maka kecepatan aksesnya akan semakin besar.

- Dial Up merupakan cara mengakses Internet dengan menghubungkan komputer ke intenet melalui saluran telepon rumah. Umumnya kecepatan Internetnya adalah 56 kbps

- ADSL (Asimetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuesi 34 kHz s/d 1104 kHz, bandwidth yang didapat adalah 384 kbps dan maksimum 450 kbps.

- WiFi atau Wireless Fidelity adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakaianya dapat mentransfer data dengan aman.

0 komentar:

Posting Komentar