Pages

Jumat, 30 Maret 2012

BAB 5 Program Presentasi Microsoft PowerPoint 2003

- Microsoft PowerPoint adalah program komputer yang merupakan bagian dari Microsoft Office. MS PowerPoint dapat digunakan untuk mengatur dan menyajikan informasi dalam bentuk Slide yang dapat ditampilkan pada layar proyektor.

- MS PowerPoint merupakan program aplikasi yang akan membantu penyusunan sebuah presentasi yang efektif, menarik, dan,profesional. MS PowerPoint 2003 akan membuat sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuanya jika dipersentasikan.

- Untuk mengaktifkanya ikutilah langkah-langkah berikut, Klik tombol Start > pilih All Programs, kemudian pilih Miscrosoft Office > MS PowerPoint.

- Dalam Ms powerpoint memiliki beberapa komponen yaitu sebagai berikut, Title Bar, Menu Bar, Standard menu, Formatting menu, Slide Show, Slide sorter view, Drawing menu.


- Menyimpan hasil kerja dapat dilakukan dengan melakukan tahap-tahap berikut, Setelah selasai mengoprasikan MS powerpoint 2003,pilih menu File > pilih Save atau gunakan Ctrl + S ,maka akan muncul kotak dialog Save As > tentukan folder yang diinginkan ,dan ubah file name yang diinginkan > klik Save.

- Untuk membuat slide-slide yang akan ditampilkan dalam presentasi, kamu harus membuat perencanaan sesuai dengan materi presentasi yang disajikan terlebih dahulu.

- ada 3 cara membuat file baru di Ms PowerPoint : Klik menu File > New, Klik Ikon New pada toolbar Standard, Tekan Ctrl + N.

- Kamu dapat memilih bentuk Slide layout seperti text layout, text and content, jika ingin leluasa dalam berkreasi pilihlah content layout uang berupa slide kosong.

- Jika slide layout yang dipilih telah memiliki kotak untuk disi text cukup mengklik tulisan"Click to add title" pada kotak tersebut, kemudian mengetik textnya, jika slidenya kosong, kamu dapat memasukan text dengan cara menguakan text box.

- Untuk memasukan Word art ke dalam slide ikuti cara-cara berikut, Klik menu Insert > Klik Picture > Klik Word Art > Klik Ok.

- menambahkan background dapat dilakukan dengan cara berikut, Aktifkan menu Format > Pilih background, kemudian pilih warna sesuai selera > Pilih salah satu pilihan berikut, Apply dan Apply All.

- Dapat pula ditambahkan efek khusus seperti gradient,texture,patern dan picture untuk background dapat dilakukan dengan bebrapa tahap berikut, Aktifkan menu Format > Pilih background, kemudian pilih Fill Effect > pilih tab Texture, kemudian pilih salah satu texture lalu tekan Ok >Pilih Apply atau Apply to All.

- Menambahkan design template dapat dipilih pada Format kemudian Klik Slide Design dan pilih tempalate yang dinginkan.

- Untuk menambahkan Animasi dan effect suara, aktifkan menu Slide Show > pilih costum animation > Klik text yang akan dibuatnya animasinya > pilih bentuk animasi dan efek suara yang diinginkan.

- Perintah untuk memasukan gambar, clip Art, dan AutoShapes pada dasarnya sama seperti memasukan Wort Art, yaitu dengan cara mengaktifkan menu Insert, kemudian pilih Picture. Selanjutnya pilih objek yang diinginkan, apakah gambar, clip Art , atau AutoShapes.

- Aktifkan menu Slide Show > Klik Slide Transition > setelah itu isi aturan/ perintah apa yang diinginkan. adalah cara Untuk Mengatur Transisi AntarSlide.

- Tombol aksi adalah tombol yang dibuat untuk mengerjakan perintah tertentu dengan sesuai dengan hyperlink yang dibuat. dalam Ms PowerPoint dapat dibuat dengan langkah-langkah berikut, Pilih slide yang akan ditempati tombol aksi > Pada menu SlideShow, pilih Action Buttuns > pilih tombol aksi yang diinginkan > Klik pada slide untuk menampilkan tombol aksi > Klik Ok.

- Menampilkan Presentasi dapat dilakukan dengan memilih menu slideshow, kemudian pilih view show, Atau menekan tombol F5.

- Slide Sorter View menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk ukuran kecil.

- Drawing Menu merupakan ikon menu yang terdiri dari Item yang berhubungan dengan pembuatan ataupun pengaturan gambar.

0 komentar:

Poskan Komentar