Pages

Sabtu, 24 Maret 2012

BAB 3 Akses Internet

- Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk menjelajah atau mengakses Internet, ada beberapa Browser yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, diantaranya adalah Internet Eksplorer, Mozilla Firefox, Opera , Google Chrome, dan Netscape Navigator.

- Internet Eksplorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows, Internet Eksplorer adalah browser paling banyak digunakan oleh para pengakses Internet.

- Internet Eksplorer memiliki beberapa kelebihan-kelebihan seperti berikut, Internet Eksplorer tidak memerlukan memori komputer yang besar, Jika komputer menggunakan sistem operasi Windows, Internet Eksplorer sudah secara otomatis terInstal, dan Internet Eksplorer sudah terintegrasi dengan microsoft Outlook ataupun Outlook Ekspress.

- Adapun beberapa keuntungan dari Internet Eksplorer yaitu, ukuran aplikasinya besar,dapat mencapai 80 Mb,  fitur-fiturnya sedikit jika dibandingkan dengan mozilla firefox, kecepatan dalam melakukan Browsing masih lebih lambat jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.

- Mozilla Firefox adalah penjelajah web antarplatfrom gratis yang dikembangkan oleh yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

- Mozilla Firefox memiliki beberapa kelebihan antara lain Ukuran aplikasinya kecil, yaitu sekitar 7,3 Mb, memiliki fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus, tampilan browser dapat dikostumisasi mengunakan skin.

- Kekurangan dari Mozilla Firefox antara lain, tidak terintegrasi dengan Microsoft Outlook dan Outlook Ekspress, memakan banyak memori komputer, Harus di Instal terlebih dahulu, tidak otomatis seperti halnya Internet Eksplorer yang sudah terinstal bersama sistem operasi Windows.

- Back adalah komponen pada Internet Eksplorer yang berfungsi untuk menuju ke halaman yang sebelumnya di akses.

- Favourites adalah komponen yang menampilkan jendela favourites yang berisi alamat situs-situs analoginya seperti buku telepon.

- Search adalah komponen yang berfungsi menampilkan jendela yang berguna untuk membantu proses pencarian di Internet.

- Mesin pencari (search engine)  adalah situs tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat website atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi.

- Google adalah mesin pencari yang terkenal dan yang paling banyak digunakan oleh banyak orang, alamat web site google adalah http://www.google.com untuk layanan dalam bahasa Inggris atau http://www.google.co.id untuk layanan dalam bahasa Indonesia.

- Mesin pencari Altavista dapat diakses pada alamat http://www.altavista.com

- Mesin pencari Excite dapat diakses dialamat http://www.excite.com

- Mesin pencari Yahoo adalah mesin pencari yang diciptakan oleh dua orang yaitu Jerry Yang dan David Filo pada tahun 1994 dan dapat diakses pada alamat http://www.yahoo.com untuk layanan bahasa Inggris atau http://www.yahoo.co.id untuk layanan bahasa Indonesia.

- E-mail (surat elektronik) adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan, dengan menggunakan jaringan Internet. memiliki fungsi yang sama dengan pengiriman surat melalui Kantor pos tetapi terdapat perbedaan dalam efisiensi dan kecepatan dalam pengiriman.

- Chatting terdiri dari kata chat, artinya berbincang atau ngobrol, jadi Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses Internet untuk berkomunikasi melalui tulisan.

- File Transfer Protocol (FTP) merupakan fasilitas untuk menyalin dan mengirim file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainya di dalam Internet.

-  Telnet adalah fasilitas yang memungkinkan kita untukmengakses sebuah komputer dalam jaringan internet seperti layaknya kamu bekerja pada komputer kamu sendiri, dengan mengakses komputer tersebut dengan alamat IP,user ID, dan password dan harus kita ketahui.   

- Teleconference adalah aplikasi chatting yang ditambahkan sound card, termasuk VoIP blaster untuk mengompres suara hingga kualitasnya dapat dipertahankan, bertujuan untuk para pengakses internet dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saling memandang satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar