Pages

Senin, 26 Maret 2012

BAB 4 Menjelajah Internet

- Memperlancar Browsing dapat dilakukan dengan cara-cara yaitu sebagai berikut, hindari jam sibuk, tambahkan cache browser, tidak menampilkan animasi dan multimedia, hentikan proses download, dst

- untuk memperlancar Browsing dapat dilakukan dengan menghindari jam sibuk yaitu biasanya jam 09:00 s/d jam  17:00, agar browser tidak terjebak kemacetan lalu lintas dunia maya

- menambah cache browser digunakan untuk membantu Internet eksplorer bekerja lebih cepat pada saat kamu mengklik tombol Back. agar proses browsing menjadi lebih cepat, perlu meng alokasikan jumlah space pada harddisk yang memadai untuk cache.


- Animasi dapat membuat browsing menyenangkan, tetapi mempeberat kerja browser. untuk mempercepat browsing kita boleh menonaktifkan animasi dan multimedia, dengan cara sebagai berikut, pilih menu Tools pada IE > pilih Internet Options > pilih tab Advanced > hapus tanda ceklis pada Play Animations in web pages > klik OK.

- Jika pada saat membuka halaman belum selesai juga, klik tombol Stop. kemudian klik tombol Refresh agar Internet Eksplorer mengulangi proses Download, sehingga browser dapat menemukan jalur baru yang agak kosong di Internet.

- selama menunggu proses download yang agak lama, kamu boleh melanjutkan kegiatan browsing yang dengan membuka jendela browser yang baru. Caranya, tekan Ctrl + N atau klik menu File > New > Windows.

- Dengan menekan tombol klik kanan mouse pada halaman web yang ditampilkan oleh browser, maka akan muncul pop-up menu yang isinya tergantung dari posisi pointer menu. penggunaan klik kanan ini banyak manfaatnya dan sangat membantu kegiatan browsing.


- Jika kamu menemukan sebuah situs atau halaman web yang menarik dan berencana untuk mengunjunginya kembali pada suatu waktu,sebaiknya dimasukan ke dalam daftar  favorit, caranya dengan Favourite > Add to Favourite sehingga muncul jendela pop-up > kemudian ubah nama webnya padatar jendela pop-up, kemudian tekan Enter atau klik Ok.

- Langkah-langkah untuk mencari Informasi di mesin pencari google adalah sebagai berikut : tuliskan nama http://www.google.co.id pada adress Internet Eksplorer > setelah muncul halaman web google, tuliskan kata kunci artikel atau informasi yang diinginkan dan yang akan dicari pada kolom google.

- untuk membuat email ikuti langkah langkah berikut. bukalah situs http://www.yahoo.co.id > Klik pada pilihan Mail >kemudian tekan Daftar > Isilah form pendaftaran yang akan muncul dengan lengkap kemudian tekan Buat Akun Saya > jika pendaftaran telah sukses maka akan muncul " Siap menggunakan Yahoo mail" kemudian tekan lanjutkan > Kamu sudah dapat menggunakan email Yahoo pribadimu.

- Login ke alamat email pribadi yaitu dengan cara. Bukalah situs http://www.yahoo.co.id > klik pilihan mail > masukan ID yahoo dan Password yang kamu miliki.

- cara membuka email masuk adalah sebagai berikut. login terlebih dahulu ke alamat email mu > klik pada pilihan kotak masuk , maka daftar email masuk akan ditampilkan > pilih salah satu email masuk untuk dibaca .

- menulis dan mengirimkan email dapat dilakukan dengan cara. Login terlebih dahulu alamat email mu > klik pada pilihan Tulis tuliskan alamat email yang akan dituju, kemudian tuliskan pesanya pada tempat email yang ada.

- Email adalah surat elektronik atau pos elektronik dalam bahasa Inggris disebut E-mail. pengertian email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.

- Email sudah mulai digunakan pada 1960-an.pada saat itu, Internet belum terbentuk yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan.

- Mulai tahun1980-an email sudah dapat digunakan oleh khalayak umum. hal ini mengakibatkan banyak perusahaan pos diberbagai negara penghasilnya menurun karena masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

- cara untuk menyimpan halaman web adalah sebagai berikut. Munculkan sebuah web > kemudian klik menu file, kemudian Save As > setelah itu kotak dialog Save As, kemudian tempatkan pada folder yang diinginkan.

- Dalam mengunakan email harus mematuhi etika-etika tertentu. yaitu , jangan mengirim email dengan lampiran terlalu besar lebih dari 512 kb, Jangan mengirim lanjut surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi si orang yang dituju, selalu isi kolom subjek jangan dibiarkan kosong. dll

- Kemungkinan email kita disadap orang lain, oleh karena itu, jika email yang kita kirim mengandung isi yang penting,sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan dengan cara mengacak (enkrip) data dalam email tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar